JENIS KERTAS DAN PENGARUHNYA DALAM MEMBACA

Jenis kertas untuk buku dan pengaruhnya dalam membaca.

buku bacaanBuku adalah jendela dunia—katanya--, tapi kenyataannya memang demikian bukan?

Dengan membaca kita bisa mengetahui berbagai macam pengetahuan yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Dengan buku, kita bisa melihat seluruh belahan dunia tanpa perlu menapakkan kaki di sana. Dengan buku kita bisa mengisi otak kita dengan hal-hal yang bahkan tidak dapat kita saksikan di depan mata.

Akan tetapi semua buku itu tak kan berguna, atau dunia tak kan dapat kita lihat kecuali dengan membuka jendelanya. Kita pun tak akan tahu apa-apa bila kita hanya sembunyi di kamar dan tak pernah mau tuk mencoba membuka jendela tuk melihat kondisi di sekitar kita.

 “Begitulah buku, tak kan berguna apa-apa bagi otakmu, tanpa kau baca” nasehat yang telah diberikan padaku.

 “Buku tak kan bermanfaat apa-apa, tak kan memberikan pengetahuan apa-apa jika hanya kau tumpuk di rak seperti itu”.

“Buku, juga tak kan memberikan ilmunya padamu, walau kau gunakan bantal tiap kali tidurmu”.

“Buku tak kan ini,,,, tak kan itu, KECUALI KAMU BACA”.

 “PAHAM!!!!” Teriakan penutup untukku.

Yah, buku, memang harus ku baca, agar aku mengetahui isinya. Dan membuka dunia yang sebenarnya terbentang di depan mata.


Berbicara mengenai membaca, ada satu hal yang cukup berpengaruh dalam kejenakan kita dalam membaca. Hal tersebut adalah jenis kertas yang digunakan dalam buku tersebut. Kertas yang bagus dan tidak silau, bertuliskan jelas dan dengan sistematika yang baik, tentunya membuat kita bisa berlama-lama dalam membaca. Kita tidak merasa bosan, bahkan merasa lelah.Akan tetapi sebaliknya, melihat kertasnya saja sudah membuat kita malas untuk membacanya, apalgi ditambah tulisannya yang timbul tenggelam bahkan kadang tak kelihatan, pasti kita tak kan bertahan lama dalam membaca. Kecuali, kita terdesak untuk mengerjakan tugas dan memang buku sumber referensi satu-satunya adalah buku tersebut, itu lain persoalannya. Hehe.  Nah sebenarnya, di bawah ini, ingin saya berikan  contoh-contoh jenis kertas yang digunakan dan berpengaruh dalam membaca, akan tetapi kamera yang saya miliki tidak dapat menunjukkan perbedaannya. Oleh karena itu, tidak jadi saya tampilkan jepretannya. N

0 komentar: